KONSEP LANDASAN TEORI DAN RANCANGAN SILABUS PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA DI PERGURUAN TINGGI

Cahya Edi Setyawan

Abstract


Dalam pembelajaran kemahiran mendengar dan berbicara bahasa arab ada beberaapa tingkatan yang harus dipahami oleh para guru, dosen, dan praktisi akademik. tingkatan pembelajaran itu didasarkan oleh standar kemampuan belajar yang dimulai dari awal. tingkatan tersebut diklasifikasikan dalam bentuk tingkatan dasar, tingkatan menengah, dan tingkatan atas. dalam tingkatan-tingkatan tersebut terdapat standar kemampuan yang harus dipelajari. Standar tersebut akan menjadi standar kompetensi lulusan yang wajib atau lazim dikuasai oleh pembelajar bahasa. terdapat pola-pola kemampuan diantaranya dalam pembelajaran istima, yaitu 1) latihan pengenalan atau identifikasi, 2) latihan mendengarkan atau mengidentifikasi, 3) latihan mendengar atau memahami.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v7i1.83

Article Metrics

Abstract view : 0 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id