PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Widi Astuti Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta
  • Mega Primaningtyas Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta
  • Fima Rusfianurti

DOI:

https://doi.org/10.36668/jih.v4i1.177

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data wawancara dengan guru bahwa banyak siswa kelas VII yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri yang tidak diajarkan bahasa Arab sebelumnya. Maka hal ini menjadikan problem dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru bahasa Arab, pengelola TU dan siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah negeri 4 Sleman menggunakan kurikulum 2013, meliputi 3 tahap kegiatan yaitu: pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Sumber belajar dengan buku Lembar Kerja Siswa. Tujuan pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan Kompetensi Inti. Metode yang digunakan adalah sesuai dengan materi yang akan dipelajari, adapun macam-macam metodenya yaitu metode langsung, metode gramatikal terjemah, metode membaca, metode audiolingual. Media yang digunakan adalah media visual dan media audiovisual. Adapun strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran quantum yang mana guru mengajak siswa agar merasa nyaman dan senang dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan evaluasi pembelajaran yaitu dengan cara tes lisan saat pembelajaran berlangsung dan tes tertulis meliputi tugas individu, ulangan harian dan ujian akhir semester.

References

Abdul Mu’in. 2004. Analisis Kontratif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah Terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.

Abubakar Muhamad. 1981. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Usaha Nasional.

Acep Hermawan. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Fuad Effendy. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Malang.

Ahmad Muhtadi Anshor. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode- Metodenya. Yogyakarta: Teras.

Chaidar Alwasilah. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Cv. Yrama Widya.

Diah Rahmawati As’ari. Konferensi Nasional Bahasa Arab: “Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab”. Universitas Negeri Malang.

Henry Guntur Tarigan. 1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Kusnan. 2017. Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Kasus di Pondok Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Banyumas. Jurnal Kependidikan. IAIN Puswokerto. Volume 5, nomor 1.

Lexy. J. Moleong. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M Djunaidi Ghony, Fauzan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Muhammad Abdullah Ad-duweisy. 2014. Menjadi Guru yang Sukses dan

Berpengaruh. Surabaya: Pustaka Elba.

Oemar Malik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmat Iswanto. 2017. Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup. Volume 1, nomor 2.

Raswan. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Volume 5, nomor 1.

Saiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek).

Jakarta: Rineka Cipta.

Suja’I. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, (Strategi dan Metode Pengembangan Kompetensi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suparman. 2017. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: STAIMS Press.

Sutrisno Hadi. 1983. Metodologi Research II. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Ubaid Ridho. 2018. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nabighoh.

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Volume 20, nomor 1.

Ulin Nuha. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab.

Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).

Wa Muna. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta: Teras.

Downloads

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles