DESAIN EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Cahya Edi Setyawan

Abstract


Desain evaluasi program pembelajaran merupakan salah
satu komponen dari evaluasi pembelajaran bahasa Arab
yang biasanya digunakan oleh para pengajar bahasa dan
supervisi pendidikan. Kegunaan dari evaluasi ini program ini
adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan
pembelajaran bahasa arab selama satu semester atau dua
semester. Pada penerapannya, setiapa pelaksana evaluasi
haurs memiliki desain atau rancangan yang sesuai dengan
kemampuan yang berdasar pada prinsip-prinsip dan aturan
dasar evaluasi program pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mendesain evaluasi program pembelajaran bahasa
Arab yang terdiri atas beberapa komponen obyek
pembelajaran. Diantara komponen-komponen evaluasi
program pembelajaran meliputi konteks evaluasi, input
evaluasi, proses evaluasi, dan juga produk evaluasi.
Keempat komponen tersebut juga mencangkup kondisi
lingkungan belajar, hasil tes pembelajaran, kinerja guru,
motivasi siswa dan minatnya, iklim kelas dan kemampuan
siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v4i1.64

Article Metrics

Abstract view : 1 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id