MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERPADU DI MAPK MAN I SURAKARTA

Widi Astuti

Abstract


Model pembelajaran bahasa arab terpadu merupakan salahsatu
model implementasi kurikulum yang diaplikasikan pada semua
jenjang pendidikan, melalui model pembelajaran ini diharapkan
siswa memperoleh pengetahuan dan menguasai empat
keterampilan berbahasa Arab (Istima’, Kalam, Qira’ah, Kitabah)
secara utuh dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran
bahasa Arab terpadu di MAPK MAN I Surakarta. Hasil dari
penelitian ini adalah sekolah ini menerapkan model pembelajaran
bahasa Arab terpadu tipe nested (tersarang) yaitu memadukan berbagai unsur bahasa dan keterampilan berbahasa yang tertuang
dalam materi pelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran
menunjukkan bahwa guru bahasa Arab memiliki metode
pengajaran yang berbeda-beda dalam menyampaikan materi
pelajaran. Sedangkan pembelajaran bahasa Arab terpadu juga
dilaksanakan pada kegiatan asrama yaitu terbentuknya kelompok
belajar intensif bahasa Arab (Arabic Club). Pada pelaksanaannya
pembelajaran ini menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu
yaitu mengangkat tema yang actual dan otentik, membentuk siswa
secara berkelompok dan menciptakan suasana berbahasa Arab
yang hidup dan bermakna diluar kelas formal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v4i2.61

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id