MENENTUKAN CUT SCORE PADA EVALUASI PENDIDIKAN

Suparman Suparman

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah menjelaskan tentang pentingnya
memberikan evaluasi bagi guru Pendidikan Agama Islam, salah
satu bentuk evaluasi adalah memberikan nilai yang berupa angka.
Angka dapat memiliki makna apakah peserta didik berhasil dalam
proses pendidikan atau belum berhasil dan harus menjalani
remidi. Batas angka yang menunjukkan berhasil atau belum
berhasil peserta didik dalam bahasa Indonesia disebut dengan
kriteria ketuntasan minmal (KKM) atau dalam bahasa Inggris
disebut dengan cut score. Terdapat bermacam-macam pendekatan
untuk menentkan cut score, dalam tulisan ini akan dibahas
sebanyak empat pendekatan, yaitu (1) menggunakan pendekatan
melalui forum guru agama Islam, (2) menggunakan pendekatan
Kriteria dan Skala Penilaian, (3) menggunakan pendekatan dengan
menggunakan grafik, dan (4) menggunakan pendekatan dengan zscore. Pemilihan pendekatan yang akan digunakan harus dengan
pertimbangan yang matang agar kualitas pembelajaran
khususnya kualitas proses penilaian memberikan makna yang
berarti sehingga kualitas pendidikan agama Islam dapat lebih
meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v4i2.59

Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id