PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE INDUKTIF BERBASIS ISTILAH-ISTILAH LINGUISTIK

Cahya Edi Setyawan

Abstract


Pembelajaran Qawaid merupakan salah satu bagian terpenting
dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab. Pada prakteknya,
pembelajaran qawaid sebagaian besar menggunakan metode
tradisional dipondok-pondok pesantren terutama pesantren salaf.
Berbeda pada pesantren modern sebagaian besar menggunakan
metode modern seperti metode induktif, yaitu dimulai dari contohcontoh,
gambaran umum, kemudian kesimpulan atau pengertian.
Namun pada prakteknya, para guru bahasa Arab masih merasa
kesulitan untuk menerangkan kepada para siswa. Hal ini
diakibatkan masih banyaknya para siswa yang memang belum
memahami sama sekali unsur-unsur kebahasaan Arab.
Kebanyakan mereka hanya memahami unsur-unsur kebahasaan
bahasa Inggris. Maka dari itu peneliti mencoba untuk mendesain
sebuah strategi pembelajaran qawaid dengan mendesain dan
mengoneksikan antara unsur-unsur kebahasaan baik dalam
bahasa arab, inggris maupun indonesia dengan metode induktif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v4i2.54

Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id