MEDIA FLASHCARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIFUNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA SISWA

Widi Astuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa. Media pembelajaran mempunyai posisi yang urgen dalam penyampaian materi agar dapat dipahami siswa. Kehadiran media ditengah-tengah kegiatan belajar mengajar tentunya membawa dampak positif bagi siswa dalam mempelajari dan menambah perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa, sehingga dengan adanya media pembelajaran kegiatan belajar mengajar menjadi efektif , inovatif dan suasana belajar tidak monoton. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang kemudian dipahami secara mendalam untuk mendeskripsikan secara holistic dan komperhensif tentang gejala dan peristiwa dalam melaksanakan penelitian ini. Adapun pembahasan dalam tulisan ini antara lain mengenai media pembelajaran bahasa Arab yaitu media Flashcards (media kartu bergambar) ditinjau dari karakteristik, fungsi, penggunaan dan kelebihannya dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v5i1.47

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id