PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT BERFORMAT VIDEO INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI II

Diyah Mintasih

Abstract


Tembang Macapat merupakan salah satu puisi tradisi yang hidup dan berkembang di wilayah kebudayaan Jawa yang diajarkan di sekolah dasar sebagai salah satu wujud nyata pelestarian warisan budaya Nusantara. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa upaya pelestarian Tembang Macapat menghadapi kendala minimnya media pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Pengembangan media ini dilakukan dalam dua tahap, pertama adalah identifikasi dan diskusi tentang makna syair Tembang Macapat serta pengambilan gambar video interaktif. Tahap kedua uji coba media pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian riset and development. Hasil tindakan di SDN Minomartani II Sleman pada prasiklus nilai rata-rata 65, siklus I 75, siklus II 88,7. Persentase ketuntasan klasikal prasiklus 32% (9 siswa), siklus I 57% (16 siswa), siklus II 85,7% (24 siswa). Penelitian di SD Negeri Karangasem IV Sleman nilai rata-rata pratindakan 44,71, siklus I 72,14, siklus II 81,14. Frekuensi ketuntasan pratindakan 3 siswa (8,82%), siklus I 25 siswa (71,43%), siklus II 31 siswa(88,57%). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh temuan penggunaan video interaktif sebagai media pembelajaran Tembang Macapat dapat meningkatkan pemahaman Tembang Macapat pada siswa sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2006. Panduan Menyusun dan Memilih Bahan Ajar. Jakarta: direktorat sekolah menengah pertama.

Depdiknas.2008. Pengembangan Bahan Ajar.Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

DIKTI. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Indonesian Qualification Framework). Dirjen Dikti Kemendikbud RI: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Fenrich, P. 2007. Practical Guidelines for Creating Instructional Multimedia Applications.Fort Worth: The Dryden Press Harcourt Brace College Publishers.

Illa Saillah. 2013. KKNI Jadi Acuan Pendidikan. Disajikan di http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/0

/1917141/KKNI.Jadi.Acuan.Pendidikan. Diunduh pada tanggal 09 Desember 2013.

Kemendikbud.2013. Konsep Pendekatan Scientific. Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Tomlinson, B. 1998.Material Development in Material Teaching.New York: Cambridge University press.

Trianto.2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher




DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v6i1.24

Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id