Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung dalam Film Animasi Nussa aan Rara Terhadap Mahasiswa PAI Universitas Ahmad Dahlan Pada Era Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.36668/jal.v11i1.377Keywords:
Nilai Pendidikan Islam, Film Animasi Nussa dan Rara, Pandemi Covid 19Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam terkait nila-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rara dan relevansinya era pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam film animasi Nussa dan Rara mengandung banyak nilai-nilai Pendidikan Islam, yaitu: (1) nilai akidah; (2) nilai akhlak; dan (3) nilai ibadah. Semua nilai-nilai pendidikan Islam tersebut dapat dijadikan motivasi dalam beribadah dan dalam menjalani kehidupan sehari-hari oleh para mahasiswa PAI Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yaitu meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai pendidikan Islam, dan memotivasi untuk melakukan perubahan tingkahlaku yang berkaitan dengan akidah, dan akhlak. Nilai-nilai Pendidikan Islam trsebut Relevansinya terhadap era pandemi saat ini adalah megajarkan kita untuk menjaga kebersihan diri, serta menjaga kesehatan tubuh.Downloads
Published
2022-06-11
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)