ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MASJID SYUHADA (STAIMS) YOGYAKARTA

Alam Budi Kusuma, Widi Astuti, Cahya Edi Setyawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian experiment untuk mengetahui: 1) efektifitas Google Classroom dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agama islam Masjid Syuhada, 2) mengetahui ada tidaknya serta sejauh mana peningkatan hasil pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media berbasis aplikasi google classroom di Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada  Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan data yang diperoleh dinyatakan efektif  dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 76, maka dengan berpedoman pada PAP skala lima, peneliti menyatakan bahwa kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa arab pada kelas eksperimen masuk pada kategori sangat baik, 2) Ada  perbedaan yang signifikan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan pembelajaran yang belum menggunakan Google Classroom buktinya adalah terdapat prbedaan nilai rata-rata dari hasil posttest untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 61,70 dan untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 76.

Keywords


Google classroom, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Studi Experimen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.120

Article Metrics

Abstract view : 0 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id