IMPLEMENTASI METODE BELAJAR ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN IPS MTsN BATU

Putri Aulia Enan Dina, Rasmuin Rasmuin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  metode belajar role playing dalam kegiatan pembelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-C MTs1N Batu. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data menggunakan teknik wawa1ncara, tes, dan obser1vasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif pada hasil belajar siswa. Peningkatan hasil bel1ajar bisa dilihat berdasarkan pencapaian nilai hasil eval1uasi disetiap siklus. Dilihat dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor rerata pada pra siklus hingga kegiatan siklus II menggambarkan peningkatan skor yang signifikan. Rerata nilai pada pra siklus yang diambil dari data Ulangan Harian sebesar 61,75, hasil evaluasi siklus I  rerata nilai sebesar 76,2 sedangkan aktivitas siklus II memperoleh nilai rata-rata meningkat diangka 89,4.

Keywords


Hasil Belajar, Metode, Role Playing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.117

Article Metrics

Abstract view : 0 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id