PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Hafidh Nur Fauzi, Muhammad Arif Darmawan

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo Sewon Bantul. Kualitas hasil belajar bahasa arab masih di bawah KKM, penelitian bertujuan untuk mengetahu apakah ada pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar siswa/siswi kelas V di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai objek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pendowoharjo prosedur penelitian berbentuk siklus mengacu pada empat komponen meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan penggunakan metode drill di pelajaran bahasa arab dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan data rekapitulasi hasil tes siswa dari siklus 1 dan siklus 2 presentase KKM siswa meningkat mencapai 75% yang sebelumnya hanya 50% dan dari 75% hanya 3 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 71 dari 12 siswa.

Keywords


Metode Drill, pembelajaran bahasa arab, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.113

Article Metrics

Abstract view : 0 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id