ARAH BARU BELAJAR BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI

Dailatus Syamsiyah

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Tinggi tidak
didominasi oleh metode tertentu dalam pelaksanaannya.
Pergantian maupun mixing metode pembelajaran sudah biasa
terjadi ketika merumuskan Rencana Pembelajaran Semester
(RPS). Direct method yang digunakan untuk memperoleh
kemampuan berbicara, sempat mengganti dominasi metode Audio
Lingual, meskipun tidak merata dilakukan di semua Perguruan
Tinggi. Kemudian muncul the aural-oral approach yang sempat
dinilai paling efektif karena berdasarkan prinsip-prinsip linguistik.
Belakangan yang lebih trend adalah metode campuran yang
dikenal dengan metode eklektik. Yang terakhir ini dianjurkan
karena memberi keleluasaan pada pengajar untuk memakai
metode yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan
mahasiswanya dan juga kemampuan pengajarnya. Meskipun
masih ada tawaran metode pembelajaran bahasa yang cukup
inovatif seperti Suggestopedia, Total Physical Respons (TPR) dan
The Silent Way, namun tidak banyak pengajar yang
memanfaatkannya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v5i2.34

Article Metrics

Abstract view : 4 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id