PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH III WATES DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSINYA

Authors

  • Sutipyo R Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Prestasi belajar yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik telah banyak dikaji, terutama penelitian yang berkaitan dengan kecerdasan. Kecerdasan identik dengan IQ (Intelligence Quotient), dan seolah-olah dengan IQ yang tinggi dapat dipastikan prestasi yang diperoleh akan tinggi. Pemahaman ini berubah setelah Daniel Goleman menyatakan teori kecerdasan baru yang dikenal dengan kecerdasan emosional (Emotional Quotient = EQ). EQ menjadi pembahasan baru yang menarik terutama jika dihubungkan dengan prestasi belajar di dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa SMK kelas X. Subyek dipilih secara acak dengan metode purposive sample sebanyak 100 siswa. Hasil yang diperoleh rata-rata EQ dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK tergolong sedang dengan nilai sebesar 78,28 dan 82,63. Adapun pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Wates sangat lemah dan tidak signifikan. Sementara dari hasil uji Anova diketahui bahwa “Kecerdasan Emosional tidak dapat digunakan untuk memprediksi naik turunnya Prestasi Belajar Siswa secara langsung.

References

Baron, R. A. & Byne, D, 2000, Social Psychology Understanding, New York: Human interaction.

Daryanto,2009, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif , Jakarta: Publisher.

Djamarah, S.B, 2000, Psikologi belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, Daniel, 2002, Emotional Intelligence (terjemahan), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D, 2001, Kecerdasan Emosi untuk mencapai puncak prestasi, Jakarta: Gramedia.

Goleman, D, 2004, Emotional Intelligence: Mengapa EQ lebih penting dari IQ. (Jakarta. Gramedia.

Kholida, Ika Nurul, 2016, Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Wates Kulonprogo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah UAD.

Mahmud, D, 2000, Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE.

Mubayidh, Makmun, 2006, Kecerdasan & Kesehatan Emosional Anak, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni, 2007, Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.

Santrock, 2001, Emotional Intelligensi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Suryabrata, Sumadi, 2012, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sarwono, Sarlito Wirawan, 2013, Psikologi Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto, 2013, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi,Jakarta: Rineka Cipta.

Shapiro, Lawrence E, 2003, Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Winkel,1987, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2017-06-01

Issue

Section

Articles