PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH III WATES DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSINYA
Abstract
Prestasi belajar yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik telah banyak dikaji, terutama penelitian yang berkaitan dengan kecerdasan. Kecerdasan identik dengan IQ (Intelligence Quotient), dan seolah-olah dengan IQ yang tinggi dapat dipastikan prestasi yang diperoleh akan tinggi. Pemahaman ini berubah setelah Daniel Goleman menyatakan teori kecerdasan baru yang dikenal dengan kecerdasan emosional (Emotional Quotient = EQ). EQ menjadi pembahasan baru yang menarik terutama jika dihubungkan dengan prestasi belajar di dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa SMK kelas X. Subyek dipilih secara acak dengan metode purposive sample sebanyak 100 siswa. Hasil yang diperoleh rata-rata EQ dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK tergolong sedang dengan nilai sebesar 78,28 dan 82,63. Adapun pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Wates sangat lemah dan tidak signifikan. Sementara dari hasil uji Anova diketahui bahwa “Kecerdasan Emosional tidak dapat digunakan untuk memprediksi naik turunnya Prestasi Belajar Siswa secara langsung.References
Baron, R. A. & Byne, D, 2000, Social Psychology Understanding, New York: Human interaction.
Daryanto,2009, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif , Jakarta: Publisher.
Djamarah, S.B, 2000, Psikologi belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Goleman, Daniel, 2002, Emotional Intelligence (terjemahan), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D, 2001, Kecerdasan Emosi untuk mencapai puncak prestasi, Jakarta: Gramedia.
Goleman, D, 2004, Emotional Intelligence: Mengapa EQ lebih penting dari IQ. (Jakarta. Gramedia.
Kholida, Ika Nurul, 2016, Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Wates Kulonprogo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah UAD.
Mahmud, D, 2000, Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE.
Mubayidh, Makmun, 2006, Kecerdasan & Kesehatan Emosional Anak, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni, 2007, Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.
Santrock, 2001, Emotional Intelligensi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Suryabrata, Sumadi, 2012, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sarwono, Sarlito Wirawan, 2013, Psikologi Remaja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto, 2013, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi,Jakarta: Rineka Cipta.
Shapiro, Lawrence E, 2003, Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Winkel,1987, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)