MENGGAGAS MODEL PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN
Abstract
Berbicara tentang perguruan tinggi agama islam (PTAI) tak akan terlepas dari pesantren. PTAI tumbuh dari embrio pesantren. Pertumbuhan itu untuk mengcover kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan intelektualitas. Betapa tidak banyak PTAI yang besar dan mencetak generasi besar baik dalam kancah nasional maupun internasional. Perkembangan ilmu keagamaan dipesantren mempengaruhi perkembangan keilmuan nasional dan perkembangan Negara dari segala aspek terutama aspek pendidikan, social, politik, dan ekonomi. Dari perkembangan pesantren mencapai PTAI mendapat respon baik dari pemerintah. Pemerintah banyak memberikan sokongan moril dan materiil untuk mendukung perkembangannya. Pesantren banyak memberikan kontribusi untuk Negara melalui intelektual-intelektual muda yang terbentuk didalam pendidikan pesantren.References
Ambary, Hasan M. Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998)
Arief Furchan, et.al., Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di PTAI (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2005)
Ali Haidar, “Akar Tradisi Pesantren dalam Masyarakat Indonesia”, dalam Tarekat, Pesantren dan Budaya Lokal, (Surabaya: Sunan Ampel Press, 1999)
Azra, Azumardi. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000)
David M. Malone, “Foreword”, dalam Bo Goransson dan Claes Brundenius (ed.), Universities in Transition: The Changing Role and Challenges for Academic Institutions, cetakan I (New York, Dordrecht, Heidelberg, dan London: Springer, 2010)
Daulay, Haidar P. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,1999) (Jakarta: Prenada Media, 2004)
http://www.undar.ac.id/hal-sejarah-undar.html
http://unida.gontor.ac.id/sejarah/
Karel A.Steenbrink. Pesantren, Madrasah, Sekolah-Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. (Jakarta: PT. Pustaka LP3ES. 1994)
Mas’ud, A. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, (Yoyakarta: LKiS, 2004)
Richard C. Atkinson dan William A. Blanpied, “Research Universities: Core of the US Science and Technology System”, Technology in Society, Volume 30, Nomor 1, Bulan Januari 2008
Thomas J. Tighe, Who’s in Charge of America’s Reserarch Universities?: A Blueprint of Reform (New York: State University of New York Press, 2003)
Wahid, A. Menggerakkan Tradisi Esai-esai Pesantren, (Yogyakarta : LKiS, 2001)
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren -Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta : LP3ES, 2011)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)