MENGGAGAS MODEL PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN

Authors

  • Cahya Edi Setyawan STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Abstract

Berbicara tentang perguruan tinggi agama islam (PTAI) tak akan terlepas dari pesantren. PTAI tumbuh dari embrio pesantren. Pertumbuhan itu untuk mengcover kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan intelektualitas. Betapa tidak banyak PTAI yang besar dan mencetak generasi besar baik dalam kancah nasional maupun internasional. Perkembangan ilmu keagamaan dipesantren mempengaruhi perkembangan keilmuan nasional dan perkembangan Negara dari segala aspek terutama aspek pendidikan, social, politik, dan ekonomi. Dari perkembangan pesantren mencapai PTAI mendapat respon baik dari pemerintah. Pemerintah banyak memberikan sokongan moril dan materiil untuk mendukung perkembangannya. Pesantren banyak memberikan kontribusi untuk Negara melalui intelektual-intelektual muda yang terbentuk didalam pendidikan pesantren.

References

Ambary, Hasan M. Menemukan Peradaban: Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998)

Arief Furchan, et.al., Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di PTAI (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2005)

Ali Haidar, “Akar Tradisi Pesantren dalam Masyarakat Indonesia”, dalam Tarekat, Pesantren dan Budaya Lokal, (Surabaya: Sunan Ampel Press, 1999)

Azra, Azumardi. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000)

David M. Malone, “Foreword”, dalam Bo Goransson dan Claes Brundenius (ed.), Universities in Transition: The Changing Role and Challenges for Academic Institutions, cetakan I (New York, Dordrecht, Heidelberg, dan London: Springer, 2010)

Daulay, Haidar P. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,1999) (Jakarta: Prenada Media, 2004)

http://www.undar.ac.id/hal-sejarah-undar.html

http://unida.gontor.ac.id/sejarah/

Karel A.Steenbrink. Pesantren, Madrasah, Sekolah-Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. (Jakarta: PT. Pustaka LP3ES. 1994)

Mas’ud, A. Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, (Yoyakarta: LKiS, 2004)

Richard C. Atkinson dan William A. Blanpied, “Research Universities: Core of the US Science and Technology System”, Technology in Society, Volume 30, Nomor 1, Bulan Januari 2008

Thomas J. Tighe, Who’s in Charge of America’s Reserarch Universities?: A Blueprint of Reform (New York: State University of New York Press, 2003)

Wahid, A. Menggerakkan Tradisi Esai-esai Pesantren, (Yogyakarta : LKiS, 2001)

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren -Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia (Jakarta : LP3ES, 2011)

Downloads

Published

2017-06-01

Issue

Section

Articles