PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI Analisis Psikologi Pendidikan Islam

Fitriah M Su'ud

Abstract


Masa anak anak usia dini merupakan masa keemasan dari perjalanan kehidupan seseorang. Masa ini merupakan usia kritis dalam tahap perkembangan manusia baik perkembangan spiritual, motorik, kognitif, bahasa maupun sosial emosional.Dengan kecerdasan emosional anak-anak dapat menahan marah, bisa bergaul dan menerima berbagai macam perbedaan dengan orang lain. Sehingga nantinya ia akan tumbuh menjadi anak yang bukan hanya cerdas kognitifnya akan tetapi juga sehat mental dan bagus emosinya serta berakhlak mulia. Salah satu kecerdasan emosional yang sangat penting untuk diperhatikan adalah keterampilan sosial anak.Hal ini disebabkan manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pasti membutuhkan orang lain. Sementara dimasa digital ini dimana anak anak telah disibukkan dengan kesendiriannya bersama sarana elektroniknya, membuat mereka mejadi manusia yang invidualis. Sehingga hal ini menjadi penting untuk diperhatikan. Mengembangkan keterampilan sosial anak sejak dini akan membantu membangun proses berfikir rasional dan dapat membuat keputusan yang baik di masa depan, ia juga akan memahami dirinya sendiri dan orang lain. Anak-anak akan lebih siap menghadapi masalah kehidupan. Tulisan ini akan membahas dan menganalisa dalam ranah psikologi Pendidikan Islam, bagaimana islam melihat keterampilan sosial ini dan apa saja yang dapat mempengaruhi pendidikan keterampilan ini.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan.

Al-Yagon, M. (2012). Adolescents with learning disabilities: Socioemotional and behavioral functioning and attachment relationships with fathers, mothers, and teachers. Journal of youth and adolescence, 41(10), 1294-1311.

Anonim.(2012)Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Tahun. Jakarta : Kemdikbud.

Ashiabi, G. S. (2007). Play in the preschool classroom: Its socioemotional significance and the teacher’s role in play. Early Childhood Education Journal, 35(2), 199-207.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian ; Suatu Tindakan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ataş, G. (2014). Parental Educative Attitudes and Socioemotional Responses in Early Childhood (Doctoral dissertation, Eastern Mediterranean University (EMU)-Doğu Akdeniz Üniversitesi (DAÜ)).

Black, M. M., Walker, S. P., Fernald, L. C., Andersen, C. T., DiGirolamo& Devercelli, A. E. (2016). Early childhood development coming of age: science through the life course. The Lancet.

Coplan, R. J., Rose-Krasnor, L., Weeks, M., Kingsbury, A., Kingsbury, M., & Bullock, A. (2013). Alone is a crowd: Social motivations, social withdrawal, and socioemotional functioning in later childhood. Developmental Psychology, 49(5), 861.

Davis, H. A. (2003). Conceptualizing the role and influence of student-teacher relationships on children's social and cognitive development. Educational psychologist, 38(4), 207-234.

Gordon, D. R. (2015). Childhood Exposure to Intimate Partner Violence and childhood Socioemotional Development from Early to Middle Childhood (Doctoral dissertation, The Ohio State University).

Imuta, K., Henry, J. D., Slaughter, V., Selcuk, B., & Ruffman, T. (2016). Theory of mind and prosocial behavior in: A meta-analytic review.

Isbayani, N. S., Made Sulastri, M. P., Tirtayani, L. A., Psi, S., & Psi, M. (2015). PENERAPAN METODE OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Jhon W Santrock (2015), Educational Psychology, terj. Tri wibowo, Jakarta, Premadia Group, , hal. 87.

Moss, E., & Lecompte, V. (2015). Attachment and Socioemotional Problems in Middle Childhood. New directions for child and adolescent development, 2015(148), 63-76.

Berk, Ronald A. (2005) Survey of 12 Strategies to Measure Teaching Effectiveness. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Volume 17, Number 1, 48-62.

Cartledge, G., & Milburn, J. F. (1995). Teaching social skills to children and youth: Innovative approaches. Allyn & Bacon

Compas, B. E., Davis, G. E., & Forsythe, C. J. (1985). Characteristics of life events during adolescence. American Journal of Community Psychology, 13(6), 677-691.

Darajat, Zakiah. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Elksnin, L. K., & Elksnin, N. (1998). Teaching social skills to students with learning and behavior problems. Intervention in school and Clinic, 33(3), 131-140.

Fridani, Lara. 2009. Inspiring Eucation; Kado Istimewa untuk Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Gresham, F. M., & Reschly, D. J. (1987). Dimensions of social competence: Method factors in the assessment of adaptive behavior, social skills, and peer acceptance. Journal of school Psychology, 25(4), 367-381.

Gujarati, D. (1988). Ekonometrika Dasar. Erlangga : Jakarta.

Gurney, Philiph. (2007). Five Factors for Effective Teaching. New Zealand Journal of Teachers’ Work, Volume 4, Issue 2, 89-98.

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Hargie, O., Saunders, C., & Dickson, D. (1994). Social skills in interpersonal communication. Psychology Press

Holm, L. (2014). Parental perspectives on Danish full-day schools for ethnic-minority students. International Journal About Parents in Education, 8(1).

Inskurindro, R., Maryatmo, Aliman, Sri Yani Kusumastuti, A. Ika Rahutami. (2004). Modul Ekonometrika Dasar. Modul Kerjasama Bank Indonesia dan Fakultas Ekonomi UGM. Yogyakarta.

Ismail. (2011). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang : Rasail.

Kelly, J.A., (1982), Social-Skills Training, A Practical Guide for Interventions. New York: Springer Publishing Co. Meichenbaum, D., 1979, Cognitive-Behavioral Mod~flcation. New York: Plenum Press.

Lue, Elizabeth. 2004. Developing a Positive Environment for Teacher Quality. U.S: EQUIP, page 1-8.

Mahwai, L. (2016). Socio-emotional development in children of teenage mothers (Doctoral dissertation).

Maragustam. (2010). Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna. Yogyakarta : Nuha Lentera.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Moss, E., & Lecompte, V. (2015). Attachment and Socioemotional roblems in Middle Childhood. New directions for child and adolescent development, 015(148), 63-7

Movellan, J. R., Malmir, M., & Forester, D. (2014). HRI as a tool to monitor socioemotional development in early childhood education, In proc. In HRI 2nd Workshop on Applications for Emotional Robots, Bielefeld, Germany.

Muhaimin, (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Muijs, Daniel dan David Reynolds. (2008). Efective Teaching ; Teori dan Aplikasi. Terj. Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Murray, L., Sinclair, D., Cooper, P., Ducournau, P., Turner, P., & Stein, A. (1999). The socioemotional development of 5-year-old children of postnatally depressed mothers. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 40(08), 1259-1271.

Naumescu, Adrienne Kozan. (2008). Science Teacher Competencies In A Knowledged Based Society. Acta Didactica Napocensia. Volume 1, Number 1. Page 25-31.

Ni Putu Pustika Astrini, dkk. PENERAPAN METODE BERMAIN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK,e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBANTUAN MEDIA BARANG BEKAS UNTUK ENINGKATKAN (Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Niez, C. C., & Alico, J. C. (2015). Relationship of Parenting Styles to Pre-schoolers’ Socio-Emotional Competence and Academic Performance.

Nur’aini. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Semarang : UNNES Press.

Papadopoulou, K., Tsermidou, L., Dimitrakaki, C., Agapidaki, E., Oikonomidou, D., Petanidou, D., ... & Giannakopoulos, G. (2014). A qualitative study of early childhood educators' beliefs and practices regarding children's socioemotional development. Early Child Development and Care, 184(12), 1843-1860.

Peralta, Helena & Fernando Albuquerque Costa (2007) “Teacher’s Competence and Confidence Regarding the Use of ICT”. Sísifo / Educational Sciences Journal No. 3 May/Aug 2007. Page 75 84.

Phillips, E. L., L’Abate, L., & Milan, M. (1985). Social skills: History and prospect. Handbook of social skills training and research, 3-21.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan ; Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Pillay, Hitendra, Richard Goddard And Lynn Wilss. (2005). Well-Being, Burnout And Competence: Implications For Teachers. Australian Journal Of Teacher Education. Vol. 30, No.2, November, 2005.

Putri, T., & Hartati, S. (2016). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA. Jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 22(2).

Rahmawati, Yeni dan Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Reynolds, A. J., Richardson, B. A., Hayakawa, M., Lease, E. M., Warner-Richter, M., Englund, M. M., ... & Sullivan, M. (2014). Association of a full-day vs part-day preschool intervention with school readiness, attendance, and parent involvement. JAMA, 312(20), 2126-2134.

Roberts-Holmes, G. (2015). The ‘datafication’of early years pedagogy:‘if the teaching is good, the data should be good and if there’s bad teaching, there is bad data’. Journal of education policy, 30(3), 302-315.

Roeser, R. W., van der Wolf, K., & Strobel, K. R. (2001). On the relation between social–emotional and school functioning during early adolescence: Preliminary findings from Dutch and American samples. Journal of School Psychology, 39(2), 111-139.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Safitri, I. (2014). Pengaruh Permainan Tradisional Jawa “Jamuran” Terhadap Perkembangan Ketrampilan Sosial Anak Usia Dini Di TK Pertiwi 1 Tarubasan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Salahudin, Anas. (2011) Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia,.

Santrock, John. W. (2008). Perkembangan Anak. Jilid 1. Jakarta: Gramedia.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Sarwoko. (2005). Dasar-Dasar Ekonometrika. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective ; Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Selvi, Kiymet. (2010). Teachers’ Competencies. Cultura. International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, vol. VII, no. 1/2010.

Setiawati, F. A., Eka, R. I., Ayriza, Y., & Seriati, N. N. Development of Child Social Skills Learning Program Guidebook for Educators in Kindergarten.

Sette, S., Baumgartner, E., & Schneider, B. H. (2014). Shyness, Child–Teacher Relationships, and Socio‐Emotional Adjustment in a Sample of Italian Preschool‐Aged Children. Infant and Child Development, 23(3), 323-332.

Spence, S. H. (2003). Social skills training with children and young people: Theory, evidence and practice. Child and adolescent mental health, 8(2), 84-96.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-10. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumantri, Mulyani. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunarto. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.

Supriyadi. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Suyadi. (2011) Manajemen PAUD ; TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2010).Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. (2006). Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Cet. ke-3. Jakarta : Bumi Aksara.

Vonta, Tatjana. (2000). Quality Indicators in Preschool Education. International Conference Proceeding. Brdo pri Kanju, Slovenia, 8-10 April 2000.

Wahyudin, Uyu dan Mubiar Agustin. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Wahyuningsih, D., & Suyanto, S. (2015). IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL MELALUI MODEL BCCT UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 10-23.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran ; Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zulfa, Umi. (2009). Strategi Pembelajaran. Cilacap : Al Ghazali.




DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.11

Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Editorial Office:

Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam

Jalan PringgoKusuman No.12 

Gedongtengen Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55272

Phone: 0274- 580170

e-mail: almanar@journal.staimsyk.ac.id