Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah baik secara tekstual maupun kontekstual untuk Studi Islam; dan menyelesaikan dikotomi dalam pendidikan dan dakwah Islam. Maka, jurnal ini mengundang titik temu beberapa disiplin ilmu dan cendekiawan. Dengan kata lain, kontributornya meminjam dari berbagai disiplin ilmu, termasuk humaniora dan ilmu sosial yang memuat kajian studi ilmiah tentang hasil-hasil penelitian, pengembangan dan kajian ke-Islaman dalam bentuk hasil penelitian, gagasan konseptual, tinjauan literatur, dan pengalaman praktis.

Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam; memuat kajian-kajian studi ilmiah tentang hasil-hasil penelitian, pengembangan dan kajian ke-Islaman dalam bentuk:

1) hasil penelitian,

2) gagasan konseptual,

3) tinjauan literatur, dan pengalaman praktis.


 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Seluruh artikel yang masuk akan dilakukan review minimal dua orang reviewer, dan hasil review akan dipublikasikan setelah mendapat persetujuan dari dewan penyunting. Untuk scanning plagiarism, Jurnal Al Manar menggunakan media Turnitin dan Google untuk melacak  tingkat plagiarisme naskah artikel.

 

Open Access Policy

Semua artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara umum melalui online dan bersifat bebas download.

Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka yang berarti bahwa semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau / lembaga. Pengguna diperbolehkan membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan di beberapa perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan membuat arsip permanen pada jurnal yang tujuannya untuk pelestarian dan pemugaran atas hak cipta.

 

Publication Ethics

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah artikel dalam Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam yang ditinjau oleh sejawat merupakan blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel yang diulas mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.

STAI Masjid Syuhada Yogyakarta sebagai penerbit Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam melakukan tugas-tugas perwalian atas semua tahap penerbitan dengan sangat serius, dan kami mengakui tanggung jawab etis dan tanggung jawab kami yang lain. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial tambahan tidak berdampak atau memengaruhi keputusan editorial. Selain itu, STAI Masjid Syuhada Yogyakarta, dan Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan penerbit lain di mana ini berguna dan diperlukan.

Pernyataan berikut  akan menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah artikel di dalam jurnal ini, termasuk penulis, editor, reviewer, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE (Committee on Publication Ethics) Pedoman Praktik Terbaik untuk Editor Jurnal.

1. Keputusan Publikasi

Editor Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam bertanggung jawab untuk memutuskan mana dari artikel yang diserahkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

2. Fair Play

Seorang editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

3. Kerahasiaan

Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai..

4. Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Peninjau

1. Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki makalah.

2. Kecepatan

Setiap peninjau terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip atau mengetahui bahwa peninjauan yang cepat tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan minta diri dari proses peninjauan.

3. Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

4. Standar Objektivitas

Ulasan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Peninjau harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.

5. Pengakuan Sumber

Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen yang dilaporkan harus disertai dengan kutipan yang sesuai. Peninjau juga harus meminta perhatian editor tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan setiap makalah lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

6. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.

 

Tugas Penulis

1. Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses dan Retensi Data

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik ke data tersebut (konsisten dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Basis Data), jika dapat dilakukan, dan harus dalam keadaan apa pun bersiaplah untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

3. Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya asli dan jika penulis telah menggunakan karya, atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

4. Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh, secara umum, menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan makalah yang sama secara bersamaan ke lebih dari satu jurnal merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

5. Pengakuan Sumber

Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.

6. Karangan Artikel

Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di dalam artikel dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final artikel dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

7. Kesalahan mendasar dalam karya yang dipublikasikan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaikinya.

 

Article Processing Charges

Para penulis artikel tidak diwajibkan membayar, baik untuk submit, pengolahan, atau publikasi artikel.

 

Screening Plagiarism

Untuk scanning plagiarism, Jurnal Al Manar menggunakan media Turnitin dan Google untuk melacak tingkat plagiarisme naskah artikel.